Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Studi Kritis Terhadap Bentuk-Bentuk Kesalahan Orientalis Dalam Memahami Gramatikal Al-Qur’an (Telaah Surah Al-Baqarah)”.

Aprilla Muharani, - (2022) Studi Kritis Terhadap Bentuk-Bentuk Kesalahan Orientalis Dalam Memahami Gramatikal Al-Qur’an (Telaah Surah Al-Baqarah)”. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Studi Kritis Terhadap Bentuk-Bentuk Kesalahan Orientalis Dalam Memahami Gramatikal Al-Qur’an (Telaah Surah Al-Baqarah)”. Keunikan gramatikal ini menjadi sasaran empuk bagi sebagian orientalis untuk menyerang keautentikan Al¬-Qur’an dan mendiskreditkannya. Serangan-¬serangan berupa kesalahan gramatikal dalam Al-Qur’an menurut orientalis juga bertebaran di dunia maya atau internet baik yang berbahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Apapun tujuan dari serangan yang mereka lontarkan, dikhawatirkan akan terjadi krisis kepercayaan terhadap kesucian Al¬-Qur’an, bahkan bisa jadi menginspirasi kaum fundamentalis untuk melakukan tindakan anarkis terutama mereka yang belum “dewasa” dalam beragama. Tujuan penelitian ini mengkritik kesalahan orientalis dalam memahami gramatikal Al-Qur’an khususnya dalam surah Al-Baqarah dengan cara menyajikan ayat yang dituduh terdapat kesalahan gramatikal, bagaimana bentuk kesalahan gramatikal yang dipaparkan orientalis, serta mengkritik kesalahan orientalis dan didukung pendapat ulama tafsir. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah ayat mana saja yang terkena syubhat gramatikal (kesalahan gramatikal) dalam surah Al-Baqarah menurut orientalis, bagaimana bentuk kesalahan orientalis memahami gramatikal dalam surah Al-Baqarah, serta bagaimana kritik terhadap syubhat gramatikal (kesalahan gramatikal) menurut orientalis tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kritik dengan jenis penelitian berbentuk library research. Adapun hasil temuan dalam skripsi ini adalah: pertama, terdapat 8 ayat dalam surah Al-Baqarah yang terkena syubhat gramatikal oleh orientalis. Kedua, bentuk kesalahan orientalis dalam memahami gramatikal Al-Qur’an terdapat dalam banyak kaidah, seperti isim isyarah, ruju’ dlamir, dan lain-lain. Ketiga, kritik terhadap kesalah pahaman orientalis terhadap gramatikal Al-Qur’an sudah terjawab melalui kaidah gramatikal yang tidak dipahami oleh orientalis. Kata Kunci: Kritik, Gramatikal, Orientalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:30
Last Modified: 03 Jun 2022 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60250

Actions (login required)

View Item View Item