Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMENUHAN HAK KEPALA RUMAH TANGGA PENGANGGURAN DI DESA MINAS BARAT JALAN LONG HAUSE KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK RIAU DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

RAHMA SETIA, - (2022) PEMENUHAN HAK KEPALA RUMAH TANGGA PENGANGGURAN DI DESA MINAS BARAT JALAN LONG HAUSE KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK RIAU DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMA SETIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahma Setia (2022): Pemenuhan Hak Kepala Rumah Tangga Pengangguran di Desa Minas Barat Jalan Long Hause Kecamatan Minas Kabupaten Siak Riau ditinjau dari Hukum Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh hak dan kewajiban, setelah akad nikah berlangsung secara sah konsekwensi yang harus dilaksanakan oleh masing-masing pasangan suami isteri untuk memenuhi hak dan kewajiban. Akan tetapi yang terjadi dilapangan adalah ada salah satu kewajiban yang tidak dijalankan oleh kepala rumah tangga seperti pemenuhan nafkah, dikarenakan suami yang pengangguran. Sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak kepala rumah tangga yang pengangguran di Desa Minas Barat Jalan Long Hause tersebut, kemudian bagaimana pemenuhan hak kepala rumah tangga pengangguran yang ditinjau dalam hukum Islam. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif di mana pendekatan tersebut dilakukan sesuai dengan fenomena yang terjadi dilapangan. Lokasi penelitian ini bertempat di Desa Minas Barat Jalan Long Hause Kecamatan Minas Kabupaten Siak Riau. Di dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kepala rumah tangga pengangguran, ibu rumah tangga, dan anak. Dan yang menjadi sampel di dalam penelitian ini 4 kepala rumah tangga, 4 ibu rumah tangga dan 7 orang anak.pemilihan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dimana semua yang menjadi populasi dijadikan sampel. Dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui observasi dan wawancara, data sekunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku dan data tersier adalah data pendukung yang berisikan informasi mengenai literature primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala keluarga kesulitan memberi nafkah kepada istri dan anak, syariat memberi pilihan bagi istri yang suaminya tidak mampu untuk memberi nafkah antara mengajukan fasakh atau tetap bertahan sebagai istri. Dalam tinjauan hukum Islam suami istri dibolehkan untuk saling membantu satu sama lain serta adanya kesukarelaan, jadi istri boleh membantu suaminya untuk mencari nafkah. Akan tetapi, sebaga kepala keluarga yang mana sebagai pemimpin rumah tangga sebaiknya mencari nafkah dan membina keluarga hendaknya dilakukan oleh kepala rumah tangga (suami), karena baik buruknya suatu rumah tangga tergantung dari pemimpinnya (kepala rumah tangga).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jun 2022 01:58
Last Modified: 03 Jun 2022 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60241

Actions (login required)

View Item View Item