Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN MODEL KUOK KECAMATAN KUOK

Sonati Rahmi (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN MODEL KUOK KECAMATAN KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model treffinger terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Model Kuok Kecamatan Kuok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTsN Model Kuok sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model treffingerdalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di MTsN Model Kuok, dan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Kuok Kecamatan Kuok yang berjumlah 120 orang, terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII.1, VIII.2, VIlI.3 dan VIII.4 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji barlet. Kajian penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan Model Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 3,77 yang berarti lebih besar dari tt (t0> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00< 3,77 > 2,66) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui Model Treffinger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:34
Last Modified: 30 Jul 2016 21:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item