Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMUKJIZATAN ILMIAH AL-HUBUK DALAM SURAH ADZ-ZARIYAT AYAT 7 PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU ASTRONOMI (Studi Analisis)

HARUMI, - (2022) KEMUKJIZATAN ILMIAH AL-HUBUK DALAM SURAH ADZ-ZARIYAT AYAT 7 PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU ASTRONOMI (Studi Analisis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KEMUKJIZATAN ILMIAH AL-HUBUK dalam surahadz-zariyat ayat 7 PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER DAN RELEVANSINYA DENGAN ILMU ASTRONOMI (Studi Analisis ) HARUMI 11830220947 ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Kemukjizatan Ilmiah Al-Hubuk Dalam Surah Adz-zariyat Ayat 7 Perspektif Tafsir Kontemporer dan Relevansinya dengan Ilmu Astronomi (Studi Analisis)”. Al-Qur‟an merupakan kitab suci yang begitu sempurna, ayat-ayat di dalamnya beragam, seperti membahas tentang tuhan maupun dengan alam raya, dan lain-lain. Salah satu ayat Al-Qur‟an yang membahas tentang ayat alam raya terdapat pada Qs. Adz-zariyat ayat: 7 terdapat term al-hubuk yang diartikan dengan jalan-jalan dilangit. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui makna dari term tersebut jika ditinjau dari tafsir dan ilmu astronomi. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah apa makna al-hubuk dalam perspektif tafsir kontemporer dan ilmu astronomi dan bagaimana relevansi antara tafsir kontemporer dan ilmu astronomi. Penelitian ini menggunakan metode analisis tahlili dengan jenis penelitian library research dengan pendekatan kualitatif, yaitu menganalisis data yang sudah dikumpulkan baik data primer dan skunder. penelitian yang mentikberatkan pada literatur dengan cara menganalisis muatan isi. Adapun hasil dari skripsi ini adalah pertama penafsiran para mufassir terkait makna al-hubuk ini berupa tenunan yang sangat indah, seperti jaring laba-laba, dan lintasan-lintasan benda-benda di alam semesta. Sedangkan dari sisi ilmu astronomi, al-hubuk ini disebut (Cosmic Web/ kain kosmis) yang mencakup sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang yang tercipta dari filamen . Kedua, relevansi mufassir dan ilmu astronomi mengenai makna al-hubuk ini bahwa ia memang benar adanya jaring sarang laba-laba atau web kosmik yang terbentuk dari struktur filamen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 May 2022 08:01
Last Modified: 31 May 2022 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item View Item