Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM GAJI SECURITY OLEH PT. TUAH GARDA MELAYU KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MILA AISYAH ZIKRA, - (2022) SISTEM GAJI SECURITY OLEH PT. TUAH GARDA MELAYU KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MILA AISYAH ZIKRA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mila Aisyah Zikra (2022): "Sistem Gaji Security oleh PT. Tuah Garda Melayu Kota Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah" Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterlambatan pemberian gaji atau upah yang dirasakan oleh security yang bekerja dibawah pimpinan PT. Tuah Garda Melayu Kota Pekanbaru. Keterlambatan inipun bukan sepenuhnya kesalahan oleh PT. Tuah Garda Melayu melainkan dari perusahaan yang telah memakai jasa keamanan PT. Tuah Garda Melayu dan juga karena peneriman gaji security yang secara tunai bkan melalui transfer. PT. Tuah Garda Melayu terletak di Jl. Air Hitam, Simp. Melati, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang penulis lakukan untuk mendapatkan data dan informasi adalah di PT. Tuah Garda Melayu dan juga di tempat security ditugaskan, seperti PT. Wahanakarsa Swandiri, Cafe Atlas, PT. Buah Nusantara, dan lain sebagainya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh security yang bekerja dibawah pimpinan PT. Tuah Garda Melayu sebanyak 32 orang, serta teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan riset pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sistem gaji security oleh PT. Tuah Garda Melayu belum sepenuhnya sesuai dengan ajaran syariah. Agama Islam melarang menunda-nunda pemberian upah seorang pekerja, namun keterlambatan penerimaan gaji masih dirasakan security. Namun penetapan berapa gaji yang akan diterima security oleh PT. Tuah Garda Melayu sudah sesuai dengan ajaran Islam karena sudah disebutkan di awal kontrak kerja oleh Direktur Utama PT. Tuah Garda Melayu, sehingga security telah mengetahui berapa gaji yang akan ia terima. PT. Tuah Garda Melayu sudah mengikuti konsep adil, karena ada perbedaan besaran gaji antara yang sudah lama bekerja dan baru bekerja. Oleh karena itu diberilah jabatan DanRu di dalam security ini, bagi seorang DanRu diberi kelebihan insentif sebesar Rp. 200.000,-. Tetapi PT. Tuah Garda Melayu belum menetapkan upah yang layak bagi para security, karena upah yang diterima security masih dibawah standar UMR Kota Pekanbaru. Kata Kunci: PT. Tuah Garda Melayu Kota Pekanbaru, Gaji, Sistem Gaji Perspektif Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 May 2022 00:50
Last Modified: 31 May 2022 00:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60177

Actions (login required)

View Item View Item