Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS POTENSI BAHAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PADA BAGIAN LOAD & HAUL PT. WIRA PENTA KENCANA KARIMUN, KEPULAUAN RIAU

PUTRI SAKINAH, - (2022) ANALISIS POTENSI BAHAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PADA BAGIAN LOAD & HAUL PT. WIRA PENTA KENCANA KARIMUN, KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI SAKINAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS POTENSI BAHAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PADA BAGIAN LOAD & HAUL PT. WIRA PENTA KENCANA KARIMUN, KEPULAUAN RIAU PUTRI SAKINAH NIM. 11870124398 PT. Wira Penta Kencana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penambangan batu granit. Potensi kecelakaan kerja yang timbul dari aktivitas yang dilakukan perusahaan masih sering terjadi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya pada proses kerja dan memberikan tindakan atau pencegahan agar dapat meminimalisir potensi bahaya, serta dapat mengetahui peran manajemen sumber daya manusia dalam menyelesaikan potensi bahaya pada pekerjaan untuk menghindari kecelakaan kerja. Identifikasi potensi bahaya yang paling popular dan paling sering digunakan dilingkungan kerja adalah menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif yaitu menggambarkan hasil identifikasi bahaya pada suatu proses kerja dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) pada proses kerja penambangan batu (stone getting), penghancur batu (stone crushing), pengangkutan batu (stone hauling) di PT. Wira Penta Kecana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disetiap proses kerja terdapat potensi bahaya. Pada proses pemuatan batu ke dumptruck oleh excavator dan pada proses pemecahan batu merupakan pekerjaan dengan potensi bahaya terbanyak. Potensi bahaya yang terjadi diantaranya tabrakan antar unit, bucket excavator jatuh kedalam bak dumptruck, tersengat arus listrik tegangan tinggi pada saat menghidupkan mesin crusher, bucket excavator yang masuk ke hoper crusher. Peneliti menyarankan kepada perusahaan PT. Wira Penta Kencana untuk terus meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan melakukan upaya pengendalian dari berbagai potensi bahaya pada setiap pekerjaan. Kata Kunci : Potensi Bahaya, Job Safety Analysis , Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 30 May 2022 08:38
Last Modified: 30 May 2022 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60164

Actions (login required)

View Item View Item