ADINDA SULISTIANTI, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Adinda Sulistianti (2022): Pengaruh Penggunaan Google classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh Penggunaan Penggunaan Google classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas 2 Tapung Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan google classroom terhadap kemandirian belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar di Sekolah Menengah Atas 2 Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 377 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Iis 1, X Iis 2, dan X Iis 3 yang berjumlah 83 siswa yang di pilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan google classroom dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tapung. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien nilai dari r hitung > rtabel (0,2159 < 0,762 > 0,2813). Adapun persentase penggunaan google classroom terhadap kemandirian belajar sebesar 58,06% sedangkan sisanya sebesar 41,94% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Google classroom, Kemandirian Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 May 2022 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2022 08:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60147 |
Actions (login required)
View Item |