Muhammad Mauladi, - (2022) PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENSOSIALISASIKAN PRODUKNYA DI FACEBOOK OLEH USAHA KRIPIK “MAMA EVA” DI KELURAHAN PEKAN ARBA KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL PENELITIAN BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Muhammad Mauladi NIM : 11840114094 Judul : Pemberdayaan UMKM dalam Mensosialisasikan Produknya di Facebook oleh Usaha Kripik “Mama Eva” di Kelurahan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya pengguna Facebook di kelurahan Pekan Arba yang menggunakannya sebagai media komunikasi dan hiburan saja, padahal Facebook dapat di gunakan sebagai media promosi produk mengingat fitur yang di sediakan praktis dan mudah. Kegiatan pemberdayaan ini berlangsung di Usaha Kripik “Mama Eva” yang merupakan sebagai wadah dalam memberdayakan UMKM dan mengembangkan potensi pelaku usaha dalam mensosialisasikan produknya di Facebook. Masyarakat diberikan penyadaran dengan adanya Facebook kini menjadi solusi dari peralihan ekonomi tradisional ke ekonomi digital. Dari itu penulis ingin mengetahui bagaimana pemberdayaan UMKM dalam mensosialisasikan produknya di Facebook oleh Usaha Kripik “Mama Eva” di Kelurahan Pekan Arba. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana pemberdayaan UMKM dalam mensosialisasikan produknya di Facebook oleh Usaha Kripik “Mama Eva” di Kelurahan Pekan Arba. Teori yang di gunakan pada penelitian ini adalah teori pemberdayaan oleh M. Ayub. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari informan kunci berjumlah 1 orang yakni pemilik usaha kripik “Mama Eva”. Adapun informan pendukung berjumlah 5 orang yakni 4 orang UMKM binaan usaha kripik “Mama Eva”, dan 1 orang tetangga dari usaha kripik “Mama Eva”. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemberdayaan UMKM dalam mensosialisasikan produknya di Facebook oleh usaha kripik “Mama Eva” ini telah memberikan penyadaran dan daya melalui pelatihan untuk para pelaku usaha yang belum memahami fungsi dari Facebook sebagai media promosi produk. Dengan adanya pelatihan dan pengetahuan pada tahap pengkapasitasan, para pelaku usaha binaan usaha kripik “Mama Eva” bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kata Kunci : Pemberdayaan UMKM, Facebook, Usaha Kripik “Mama Eva”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 27 May 2022 08:47 |
Last Modified: | 27 May 2022 08:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60146 |
Actions (login required)
View Item |