Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KETENAGAKERJAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 KOTA PEKANBARU

AMELIA FERISKA, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KETENAGAKERJAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Amelia Feriska, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving terhadap Kompetensi Siswa pada Materi Pembelajaran Ketenagakerjaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran cooperative problem solving terhadap kompetensi siswa pada materi pembelajaran ketenagakerjaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan pembelajaran ekonomi, kurang aktif dalam mengemukakan pendapat dan tidak cocok dengan cara mengajar guru dalam menerangkan materi pembelajaran ketenagakerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Kota Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran cooperative problem solving terhadap kompetensi siswa pada materi pembelajaran ketenagakerjaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 227 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling berjumlah 143 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran cooperative problem solving terhadap kompetensi siswa pada materi pembelajaran ketenagakerjaan di SMA N 12 Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,030. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 3,0 % atau variasi variabel independen (problem solving) terhadap kompetensi siswa mampu menjelaskan sebesar 3,0%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran, Problem Solving, Kompetensi Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 May 2022 07:28
Last Modified: 27 May 2022 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60144

Actions (login required)

View Item View Item