Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

RAMIANI SRI RAHAYU, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ramiani Sri Rahayu, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah ekonomi yang disajikan dalam bentuk soal yang bertujuan pada penekanan pemahaman konsep suatu pokok bahasan tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA Al-Muhajirin Tapung. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X IIS, X MIA, dan XI IIS yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yaitu rhitung lebih besar dari rtabel untuk kesalahan 5% (0,290 > 0,270). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 8,4%, sedangkan sisanya (100% - 8,4% = 91,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 May 2022 07:24
Last Modified: 27 May 2022 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60137

Actions (login required)

View Item View Item