DEWI YUMALINDA, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REAL OBJECT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PEDOSFER PENGENALAN HORIZON TANAH DI SMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
DEWI YUMALINDA (2022) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REAL OBJECT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PEDOSFER PENGENALAN HORIZON TANAH DI SMA NEGERI 4 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media real object terhadap minat belajar siswa pada materi pedosfer pengenalan horizon tanah di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media real Object terhadap minat belajar siswa pada materi pedosfer pengenalan horizon tanah. Minat belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran real object dapat dilihat dari rata-rata pre test 60, 5833 menjadi 81,0556 pada nilai post test, menunjukkan kenaikan minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 33,79% dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Real Object , Minat Belajar, Pedosfer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 May 2022 02:21 |
Last Modified: | 27 May 2022 02:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60133 |
Actions (login required)
View Item |