PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PROBLEMPOSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 029 PEKANBARU

Mayona Chantika, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PROBLEMPOSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 029 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvesional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompokdengan pendekatan Problem Posingdengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimentdan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Design with Nonequivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru tahun 2013/2014 yang berjumlah 553 siswa. Sampel dalam Penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Problem Posing dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu: penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Problem Posing sebagai variabel bebas dan Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru sebagai variabel terikat.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi pada setiap pertemuan, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 7 pertemuan yang terdiri dari 1 pertemuan mengadakan Pretest, 5 pertemuan menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Problem Posing dan 1 pertemuan mengadakanPosttest. Berdasarkan hasil analisis data didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Problem Posing dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari T-testyang didapat sebesar 3,1033 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 dan 2,65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:10
Last Modified: 30 Jul 2016 21:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item