Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUS DIKELAS X-TKJ 1 SMK TELKOM PEKANBARU

NADYA FIRDANISKA, - (2022) IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUS DIKELAS X-TKJ 1 SMK TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADYA FIRDANISKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak Nadya FirdaNiska, (2022) : Implementasi Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Dikelas X-TKJ 1 SMK Telkom Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model blended learning dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X-TKJ 1 SMK Telkom Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive sampling berjumlah 30 orang siswa dari kelas X-TKJ 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes soal berbentuk pilihan ganda (objektif). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametik uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya peningkatan terhadap pemahaman belajar siswa akibat dari implementasi pembelajaran menggunakan model blended learning, berdasarkan pada tabel tafsiran N-Gain Score berada di kategori sedang dan cukup efektif dengan rata-rata peningkatan 59,35 atau 59,3478 %. (2) Adanya perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya model blended learning, berdasarkan hasil uji statistik parametik uji paired sample t-test didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan model blended learning cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X-TKJ 1 SMK Telkom Pekanbaru, peningkatan pemahaman belajar siswa berada di kategori sedang dan perbedaan peningkatan pemahaman belajar siswa sebelum dan setelah diberikan treatmean menggunakan model blended learning adalah signifikan. Kata kunci : Blended learning, implementasi, tingkat pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2022 08:05
Last Modified: 24 May 2022 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60107

Actions (login required)

View Item View Item