PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CRITICAL INCIDENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurkholis, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CRITICAL INCIDENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan Strategi pembelajaran Critical Incident terhadap Motivasi belajar siswa dalam pelajaran Agama Islam. Rumusan masalahnya adalah “Apakan ada Pengaruh penggunaan strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Motivasi Belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu atap Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap. setelah dilakukan uji homogenitas sampel pada sabjek penelitian maka ditetapkan kelas VIII.A sebagai lokal eksperimen dan VIII.B sebagai lokal kontrol yang berjumlah 45 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi pembelajaran Critical Incident dan Motivasi belajar Agama Islam. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Angket. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu tiga kali di kelas eksperimen dan tiga kali di kelas kontrol, satu kali mengadakan post tes terhadap Motivasi belajar. Untuk mengetahui hasil penelitian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Tes “t”. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa perbandingan to = 3,91, bearti lebih besar dari pada tt taraf signifikan 5% (3,91 2,02) sehingga Ho ditolak Ha diterima.. Dan dari perbedaan mean rata-rata siswa menunjukkan sesudah penggunan strategi pembelajaran Critical Incident lebih tinggi dari pada Motivasi belajar sebelum penggunaan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Strategi pembelajaran Critical Incident terhadap Motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Kecamatan Kampar Timur Kabupaten. Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:06
Last Modified: 30 Jul 2016 21:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item