Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARADIGMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM KARYA ABDUL MAJID

RIZKY AZIZAH ALUMAROH, - (2022) PARADIGMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM KARYA ABDUL MAJID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENLITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

RIZKY AZIZAH ALUMAROH (2022) : PARADIGMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM KARYA ABDUL MAJID Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana paradigma pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam buku Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam karya Abdul Majid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan paradigma pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah cara pandang atau cara berpikir terhadap suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik secara terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Tujuannya untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan peserta didik kepada Allah swt. Terdapat 7 fungsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu sebagai pengembangan diri, penanaman nilai, penyesuaian mental, perbaikan kesalahan, pencegahan, pengajaran dan penyaluran. Guru sangat penting menguasai keterampilan dasar mengajar karena dapat membina dan mengembangakan keterampilan mengajar bagi guru, sehingga terciptanya komunikasi yang efektif antara guru dengan peserta didik di kelas, dari komunikasi yang efektif juga akan menghasilkan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus memperhatikan beberapa prinsip, yaitu kesiapan dan motivasi, alat penarik perhatian, partisipasi aktif siswa, pengulangan, umpan balik, menghindari materi yang tidak relevan, agar pembelajaran lebih terarah. Pada proses pembelajaran sebaiknya menggunakan paradigma atau kerangka berpikir secara kontekstual dengan mengaitkan pengetahuan ajaran agama Islam dengan kehidupan nyata peserta didik. Kata Kunci: Paradigma Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 May 2022 07:24
Last Modified: 24 May 2022 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60094

Actions (login required)

View Item View Item