Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA TEMA BUMIKU DI KELAS VI SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

ELFIRANUR, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA TEMA BUMIKU DI KELAS VI SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1-BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elfiranur (2022): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa pada Tema Bumiku Di Kelas VI SD IT Al-Izhar School Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan tanggung jawab siswa pada tema Bumiku di kelas VI SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini ada 1 orang guru dan 28 siswa kelas VI SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Objeknya adalah model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan tanggung jawab siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, hal ini terbukti sebelum tindakan sebesar 53,57% tergolong “Cukup Baik”, setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tanggung jawab siswa meningkat menjadi 63,83% atau tergolong kategori “Baik”. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 90,17% atau tergolong “Sangat Baik”. Disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together pada tema Bumiku dapat meningkatkan tanggung jawab siswa di kelas VI SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Tanggung Jawab Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 May 2022 01:41
Last Modified: 27 May 2022 01:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60092

Actions (login required)

View Item View Item