Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica)

RENDI PRATAMA, - (2022) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) TERHADAP PERFORMA BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica) Rendi Pratama (11681102763) Di bawah bimbingan Edi Erwan dan Irdha Mirdhayati INTISARI Jeroan ikan patin (Pangaius hypopthalmus) merupakan limbah ikan patin yang diambil jeroannya memiliki kandungan protein kasar yang hampir sama dengan tepung ikan yakni 49,28% dan energi metabolisme 3312 kKal/Kg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung ikan (TI) dengan beberapa level tepung jeroan ikan patin (TJIP) didalam ransum basal terhadap performa burung puyuh meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2021 di Laboratorium Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU dan di Garuda Sakti Jalan Sepakat gang Keluarga. Penelitian ini menggunakan 100 ekor burung puyuh yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan, tiap ulangan terdiri atas 5 ekor puyuh. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (100% TI dan 0% TJIP), P1 (75% TI dan 25% TJIP), P2 (50% TI dan 50% TJIP), P3 (25% TI dan 75% TJIP), dan P4 (0% TI dan 100% TJIP). Hasil penelitian yang diperoleh adalah substitusi TI hingga level 100% tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Kesimpulan penelitian ini yakni substitusi TI dengan TJIP dapat diberikan sampai level 100% dalam ransum basal masih dapat mempertahankan performa burung puyuh Kata kunci: Burung Puyuh, tepung limbah jeroan ikan patin, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 May 2022 04:38
Last Modified: 24 May 2022 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60090

Actions (login required)

View Item View Item