PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 029 PEKANBARU

Susi Irma Yanti, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 029 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHTdengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa antara yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe NHTdengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional di SMP N 029 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Design with Nonequivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru tahun 2013/2014 yang berjumlah 553 siswa. Sampel dalam Penelitian ini adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu: penerapan pembelajaran Kooperatif tipe NHT sebagai variabel bebas dan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan; observasi pada setiap pertemuan dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas eksperimen disetiap pertemuan; tes yang telah diuji relibelitas, validitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran; dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 6 pertemuan yang terdiri dari 4 pertemuan dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan 2 pertemuan mengadakan pre test dan post test. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan T-test,dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 029 Pekanbaru antara siswa yang menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe NHTdan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai T-test yang didapat sebesar 2.911 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2.00 dan 2.65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:01
Last Modified: 30 Jul 2016 21:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item