MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AYAT-AYAT PENDEK DENGAN MAKHRAJ DAN TAJWID MELALUI STRATEGI KARTU SORTIR (SHORT CARD) DI SDN 004 RUMBAI PESISIR PEKANBARU

Herlena, (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AYAT-AYAT PENDEK DENGAN MAKHRAJ DAN TAJWID MELALUI STRATEGI KARTU SORTIR (SHORT CARD) DI SDN 004 RUMBAI PESISIR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201109.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid pada siswa Kelas IV SDN 004 Rumbai Pesisir Pekanbaru melalui kartu sortir (short card). Dalam belajar membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid, guru sangat memegang peranan penting dalam memilih dan menetapkan strategi pembelajaran. Adapun salah satu strategi pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru dalam membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid adalah Strategi Kartu Sortir (Short Card), sehingga dengan penggunaan kartu sortir ini diupayakan siswa dapat menghafal materi pelajaran ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa di SDN 004 Rumbai Pesisir Pekanbaru telah pernah dilaukan pembelajaranayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid, dengan persiapan yang baik seperti guru telah melakukan, kegiatan pembelajaran tepat waktu, guru telah mempersiapkan RPP, guru telah menggunakan media gambar, guru memberikan reward atau penghargaan kepada anak seperti memuji anak yang rajin, guru telah menyampaikan materi secara berurutan. Dengan demikian guru telah melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa dalam pembelajaranayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid, namun kenyataannya masih terdapat siswa yang tidak memiliki kemampuan dalam membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid, seperti dilihat dari gejala-gejala seperti sebagian besar siswa tidak dapat menghafal seluruhayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid, sebagian lagi hanya mampu menghafal sampai pada ayat ketiga, sebagian siswa yang lain hanya mampu sampai ayat keempat, dari gejala-gejala tersebut, maka penulis ingin menelitinya dengan judul: "Meningkatkan Kemampuan Membaca ayatayat pendek dengan makhraj dan tajwid melalui Strategi Kartu Sortir (short card) Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Rumbai Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Metodologi dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Prosedur penelitian tindakan kelas ini dapat dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan pembelajaran, implementasi tindakan, observasi dan refleksi, dan dilakukan secara berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid melalui metode ceramah dan tanya jawab (sebelum tindakan kelas) di Kelas IV SDN 004 Rumbai Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, masih kurang baik, (25%), dan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca ayat-ayat pendek dengan makhraj dan tajwid melalui strategi kartu sortir (short card) di kelas IV SDN 004 Rumbai Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru sampai siklus ke empat adalah baik. (86%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:21
Last Modified: 21 Dec 2015 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item