Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Penataan Bangunan Gedung Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

ISMA AMELLIA, - (2022) Pelaksanaan Penataan Bangunan Gedung Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ISMA AMELLIA (2022): Pelaksanaan Penataan Bangunan Gedung Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh menjelaskan bahwa Rumah adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya. Bangunan gedung merupakan salah satu yang termasuk kedalam kriteria dan tipologi perumahan kumuh, kriteria dan tipologi perumahan kumuh digunakan untuk menentukan kondisi kekumuhan pada perumahan. Kriteria kekumuhan yang ditinjau dari bangunan gedung diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh yang terdapat didalam Pasal 6 yang mencakup; a. Ketidakberaturan bangunan, b. Tingkat kepadatan bangunan tinggi yang tidak sesuai dengan ketentuan rencana tata ruang;dan/atau, c. Kualitas bangunan yang tidak memenuhi syarat. Dari latar belakang diatas, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penataan bangunan gedung berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh di Telaga Tujuh, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun dan apa faktor yang mempengaruhi kendala pelaksanaan penataan bangunan gedung berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis. Adapun metode pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan penataan bangunan gedung terhadap perumahan kumuh di Telaga Tujuh tidak terlaksana dengan baik. Masih adanya faktor kendala yang mempengaruhi pelaksanaan penataan bangunan gedung terhadap perumahan kumuh seperti belum optimalnya penegakan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, minimnya dana/anggaran pemerintah daerah untuk perumahan kumuh, kurangnya koordinasi Dinas terkait dengan Pemerintah Daerah lainnya di Kabupaten Karimun, dan tidak adanya kejelasan hukum atas lahan yang dikuasai masyarakat. Kata kunci : Bangunan Gedung, Perumahan Kumuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 May 2022 07:33
Last Modified: 19 May 2022 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59998

Actions (login required)

View Item View Item