Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PEMBERANTASAN KORUPSI DI TV ONE SEBAGAI REAKTUALISASI PENGGUNAAN TEKS WACANA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP

ARIYANTI RAHAYU, - (2022) ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PEMBERANTASAN KORUPSI DI TV ONE SEBAGAI REAKTUALISASI PENGGUNAAN TEKS WACANA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

ARIYANTI RAHAYU (2022) : ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PEMBERANTASAN KORUPSI DI TV ONE SEBAGAI REAKTUALISASI PENGGUNAAN TEKS WACANA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP Kajian wacana kritis merupakan kajian ilmu bahasa yang dapat diterapkan dalam bahasa media massa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk wacana tekstual dan praktik kewacanaan dalam berita di media Tv One. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi teks berita dalam pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu deskirpsi dan interpretasi. Data penelitian ini diambil dari dua wacana video pemberitaan korupsi kasus suap dan gratifikasi mantan sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dan menantunya Resky Herbiyono. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam dimensi teks ditemukan unsur gramatikal, leksikalisasi, kalimat aktif transitif, kalimat positif, kalimat negatif, modus kalimat, modalitas relasional, dan pronominal persona. Dalam dimensi praktik kewacanaan yang meliputi proses produksi dan konsumsi teks yang diungkapkan pada pemberitaan kasus suap dan gratifikasi mantan sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi. Dalam analisis wacana Norman Fairclough ini didapatkan hasil bahwa media Tv One ini sangat proporsional memberikan pihak pro dan pihak kontra terhadap peristiwa. Penelitian ini berkontribusi dalam pembelajaran di sekolah, bentuk rancangan implementasi dari hasil penelitian analisis wacana kritis ini meliputi; kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan literasi kritis siswa, dan kesadaran berbahasa kritis pada siswa. Kata kunci : Analisis Wacana Kritis, Model Norman Fairclough, Pemberitaan Korupsi Suap dan Gratifikasi Mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 May 2022 01:14
Last Modified: 12 May 2022 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59970

Actions (login required)

View Item View Item