PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Fikrotun Bahiroh, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran AIR dengan strategi kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat dilihat adanya pengaruh atau tidak adanya pengaruh model tersebut terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru Tahun Pelajaran 2013/2014, sedangkan untuk sampel penelitian ini penulis menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran AIR dengan strategi kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,051 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,051 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran AIR dengan strategi kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 72,78 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol sebesar 64,78 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dengan strategi kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 20:44
Last Modified: 30 Jul 2016 20:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item