PENGARUH PENERAPAN HANDS-ON ACTIVITY DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 3 PEKANBARU

Muhammad Ridwan, (2014) PENGARUH PENERAPAN HANDS-ON ACTIVITY DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Hands On Activity dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Hands On Activity dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Hands On Activity dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 34 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa kelas X. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan angket sikap siswa, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan Hands On Activity dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut, digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep siswa, dan angket sikap siswa untuk mengetahui sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan Hands On Activity. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan Hands On Activity dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 20:40
Last Modified: 30 Jul 2016 20:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item