Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA HUKUM FORMIL PENGAJUAN DISPENSASI KAWIN (Studi Analisis terhadap ketentuan dalam PERMA Nomor 05 Tahun 2019 dan Hukum Islam)

Nurhilal Nazri Arif, - (2022) PROBLEMATIKA HUKUM FORMIL PENGAJUAN DISPENSASI KAWIN (Studi Analisis terhadap ketentuan dalam PERMA Nomor 05 Tahun 2019 dan Hukum Islam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHILA ARIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURHILAL NAZRI ARIF (2022): Problematika Hukum Formil Pengajuan Dispensasi Kawin (Studi Analisis Terhadap Ketentuan Dalam PERMA Nomor 05 Tahun 2019 dan Hukum Islam) Penelitian ini di latar belakangi karena maraknya kasus di masyarakat berperkara dispensasi kawin lebih mencari jalan keluar kepada nikah secara siri dari pada nikah secara resmi karena tidak dapat menyanggupi peraturan formil PERMA nomor 05 tahun 2019 tentang Pengajuan Dispensasi Kawin. Penelitian ini berjudul “Problematika Hukum Formil Pengajuan Dispensasi Kawin (Studi Analisis Terhadap Ketentuan Dalam Perma Nomor 05 Tahun 2019 dan Hukum Islam)”.Dalam pembahasan ini penulis menarik sebuah pokok permasalahan yaitu “Bagaimana ketentuan PERMA Nomor 05 tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Bagaimana problematika Hukum formil pengajuan dispensasi kawin dalam ketentuan perma Nomor 05 tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin”. Bagaimana ketentuan Hukum Islam terhadap Batasan umur pernikahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pustaka (library research). Penelitian ini merujuk dari serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini adalah Pengajuan dispensasi kawin tidak bisa diajukan jika pemohon tidak bisa menyanggupi syarat-syarat materil maka permohonan tidak bisa diajukan karena salah satu orang tua atau kedua orang tua tidak mau mengajukan. Permohonan dispensasi kawin jika tidak di hadiri oleh kedua orang tua pemohon dan termohon maka perkara akan diputuskan NO (niet ontvankelijke verklard) dan juga jika hakim tidak mendengarkan keterangan dari pemohon dan termohon dan orang tua pemohon dan termohon. Anak-anak yang mengajukan dispensasi kawin lebih memilih Nikah siri dibandingkan nikah secara resmi karena tidak bisa melengkapi persyaratan materil dari PERMA Nomor 05 Tahun 2019 Permohonan Pengajuan Dispensasi Kawin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Apr 2022 01:19
Last Modified: 28 Apr 2022 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59949

Actions (login required)

View Item View Item