Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMASI PENDAPATAN AKTOR RANTAI PASOK MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS (STUDI KASUS: DISTRIBUSI IKAN DI NAGARI TIKU SELATAN)

ULIL RAHMANIAR EFENDI (2019) OPTIMASI PENDAPATAN AKTOR RANTAI PASOK MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS (STUDI KASUS: DISTRIBUSI IKAN DI NAGARI TIKU SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
COVER ULIL RAHMANIAR EFENDI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB 4 ULIL RAHMANIAR EFENDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nelayan di Nagari Tiku Selatan menjual ikan hasil tangkapannya kepada distributor dan selanjutnya didistribusikan kepada pengecer sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen akhir. Hubungan antara entitas tersebut membentuk suatu strategi rantai pasok. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan pendapatan optimal yang diperoleh oleh aktor rantai pasok berdasarkan kondisi saat ini, menetukan skenario terbaik dalam mengoptimalkan pendapatan dan menentukan nilai sensitivitas terhadap solusi optimum yang dicapai. Penelitian ini menggunakan metode simpleks yang merupakan salah satu metode pemecahan masalah linear programming dengan menggunakan prosedur iteratif, yang bergerak selangkah demi selangkah, hingga tercapai suatu pemecahan optimum. Penelitian ini menghasilkan nelayan akan memperoleh pendapatan optimal sebesar Rp 43.750 jika nelayan mendistribusikan 4,375 Kg ikan tongkol, distributor akan memperoleh pendapatan optimal sebesar Rp 44.339 jika distributor mendistribusikan 3,4107 Kg ikan tongkol dan pengecer akan memperoleh pendapatan optimal sebesar Rp 52.666 jika pengecer mendistribusikan 2,9259 Kg ikan tongkol. Skenario perbaikan yang tebaik adalah skenario perbaikan empat yaitu dilakukannya proses penyortiran ikan berdasarkan tingkat mutu kesegaran ikan oleh nelayan, distributor dan pengecer. Hasil analisis model skenario terbaik (skenario perbaikan empat) adalah nelayan akan memperoleh keuntungan jika mendistribusikan ikan tongkol dengan tingkat kesegaran prima, distributor akan memperoleh keuntungan jika mendistribusikan ikan tongkol dengan tingkat kesegaran prima dan advanced, pengecer akan memperoleh keuntungan jika mendistribusikan ikan tongkol dengan tingkat kesegaran prima dan mundur. Kendala biaya distribusi ikan, jumlah ikan pada tingkat kesegaran prima, advanced, mundur dan busuk habis terpakai dan apabila terjadi penambahan sebesar satu satuan pada kendala-kendala tersebut maka akan meningkatkan pendapatan sebesar nilai dual-nya. Kata Kunci: optimasi, metode simpleks, rantai pasok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:17
Last Modified: 26 Apr 2022 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59934

Actions (login required)

View Item View Item