Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) SEBAGAI MITRA PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA PANGKALAN BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

ERVINA OKTAVIA, - (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) SEBAGAI MITRA PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA PANGKALAN BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat adalah lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat merupakan wadah partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan. Namun ditemukan permasalahan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan yang seharusnya menjadi penyambung lidah antara masyarakat dengan pemerintah, akan tetapi masyarakat desa terlihat tidak mengetahui secara jelas fungsi dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, rendahnya partisipasi gotong royong masyarakat, dan kegiatan pembangunan terlihat seolah hanya dilaksanakan oleh pemerintah desa tanpa melibat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa Pangkalan Baru. Maka penulis ingin meneliti permasalahan ini lebih lanjut dengan rumusan masalah bagaimana implementasi fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan di Desa Pangkalan Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai mitra pemerintah desa dalam pembangunan di Desa Pangkalan Baru. Teori yang digunakan yaitu teori implementasi fungsi dari George Edward III. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan informan berjumlah 7 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPM dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat LPM berkoordinasi dengan RT dan RW untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat, dan melaksanakan Musrenbang untuk menyalurkan aspirasi masyarakat. Dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat beberapa bidang LPM mengimplementasikan fungsinyanya, namun masih terdapat bidang yang belum mengimplementasikan fungsi sebagaimana mestinya. Dan dalam menyusun rencana, pelaksanaan, pelestarian, dan pengembangan hasil pembangunan LPM tidak mengadakan pertemuan atau rapat rutin selain Musrenbang, belum melibatkan masyarakat secara aktif dalam pelaksanaan, dan hanya mengadakan gotong royong menjelang hari besar dalam melestarikan pembangunan, dan belum ada kegiatan untuk mengembangkan hasil pembangunan desa. Kata Kunci: Implementasi, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:22
Last Modified: 25 Apr 2022 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59920

Actions (login required)

View Item View Item