PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP DENGAN KOMBINASI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA MAN 1 PEKANBARU

Putri Nur Rahmadani, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP DENGAN KOMBINASI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dengan kombinasi Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji Bartlet, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, sehingga dipilih sampel yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran FIRE-UP dengan kombinasi Numbered Heads Together (NHT). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu hidrokarbon, dokumentasi, observasi, pretest, dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan ttest. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,42 pada taraf signifikan 5% dan ttabel = 1,658 dan menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan besarnya peningkatan hasil belajar siswa (N-Gain) untuk kelas eksperimen adalah 0,83 dan untuk kelas kontrol adalah 0,65. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dengan kombinasi Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA MAN 1 Pekanbaru dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,83 yang berada pada kategori tinggi. Kata Kunci : Hasil Belajar, FIRE-UP, Numbered Heads Together (NHT), Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 20:26
Last Modified: 30 Jul 2016 20:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item