Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA WANITA KARIR MENJALANKAN PERAN GANDA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Sekolah Dasar 04 An-Namiroh Pekanbaru)

RAFIKI RAMADHAN, - (2022) UPAYA WANITA KARIR MENJALANKAN PERAN GANDA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Sekolah Dasar 04 An-Namiroh Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAFIKI RAMADHAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rafiki Ramadhan (2022) : Upaya Wanita Karier Menjalankan Peran Ganda Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Sekolah Dasar 04 An-Namiroh Pekanbaru) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pasangan suami istri ini sama-sama bekerja dan waktu dalam keluarga pun ikut terbagi. Namun demikian, fakta yang terjadi di lapangan rumah tangganya tetap aman, utuh dan baik-baik saja hingga saat ini dan tidak jauh berbeda dengan orang yang istrinya tetap dirumah. Bagaimana upaya mereka mempertahankan rumah tangganya untuk mewujudkan keluaga sakinah padahal mereka sibuk bekerja? Yang mana wanita yang ikut berkarir cenderung menimbulkan problematika dalam kehidupan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi Bagaimana usaha yang dilakukan wanita karier didalam menjalankan peran gandanya dalam mewujudkan keluarga sakinah, Apa kendala yang terjadi dan bagaimana solusinya menjalankan peranan ganda dalam mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di SD 04 An-Namiroh Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 orang guru wanita SD 04 An-Namiroh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 9 orang guru-guru wanita SD 04 An-Namiroh Pekanbaru dengan teknik purposive sampling.pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawanacara dan dokumentasi. Keseleruhan data dalam penelitian ini di analissi secara deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan faktor penghambat wanita karier dalam peranan ganda yaitu keluarga dan juga gangguan dari luar, kendala-kendala itu seperti waktu dan dukungan keluarga. Upaya yang dilakukan wanita karir dalam mewujudkan keluarga sakinah di SD 04 An-Namiroh pekanbaru adalah saling menjaga kepercayaan dan menerapkan nilai-nilai keagamaan. Sedangkan untuk kendala dalam menjalankan peranan ganda ini yaitu waktu untuk berkumpul dengan keluarga terbatas dan adanya beban kerja ganda yang ditanggung oleh pekerja perempuan. Sementara untuk solusinya yaitu berhenti menjadi wanita karier atau tetap menjadi ibu rumah tangga, komunikasi aktif dengan keluarga, meningkatkan ibadah, manajemen waktu yang tepat dengan membagi waktu antara pekerjaan dan rumah tangga, dan meminta dukungan keluarga khususnya suami untuk berkerja dengan tidak melupakan kewajiban sebagai seorang istri atau mengurus rumah tangga. Kata Kunci: Upaya, Wanita Karier, Peran Ganda, Mewujudkan Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:39
Last Modified: 19 Apr 2022 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59858

Actions (login required)

View Item View Item