Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH PADA KELUARGA YANG SUAMINYA BEKERJA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus di Desa Tanjung Kec. Koto Kampar Hulu Kab. Kampar)

NIKEN PEBIMELISA, - (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH PADA KELUARGA YANG SUAMINYA BEKERJA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus di Desa Tanjung Kec. Koto Kampar Hulu Kab. Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIKEN PEBIMELISA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Niken Pebimelisa (2022): Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah Pada Keluarga Yang Suaminya Bekerja Di Luar Negeri Di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupten Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para suami yang bekerja di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Setiap keluarga memiliki upaya untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, dalam upaya yang dilakukan tersebut terdapat hambatan untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah tersebut seperti keluarga yang suaminya bekerja di luar negeri. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa rumusan masalah yakni pertama: bagaimana upaya mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah pada keluarga yang suaminya bekerja di luar negeri di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, kedua: Tinjauan hukum Islam tentang upaya mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah pada keluarga yang suaminya bekerja di luar negeri di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Subjek dalam penelitian ini adalah istri dan anak dari suami yang bekerja di luar negeri. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah pada keluarga yang suaminya bekerja di luar negeri. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 10 KK. Jumlah sampel yang diambil yaitu 6 KK terdiri dari 6 istri dan 6 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian untuk pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh keluarga yang suaminya bekerja diluar negeri telah sesuai dengan karakteristik keluarga sakinah mawaddah warahmah. Berdasarkan tinjauan hukum Islam upaya yang dilakukan oleh keluarga yang suaminya bekerja di luar negeri tersebut telah sesuai dengan tuntunan ajaran hukum Islam. Adanya beberapa faktor yang menyebabkan terwujudnya keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Adapun dalil yang mendasari: al-Baqarah ayat 187, al-Baqarah ayat 233, Fatir ayat 29-30, an-Nisa’ ayat 1, surat al-A’raf ayat 189, ar-Rum ayat 21 dan surat an-Nisa’ ayat 34. Kata Kunci: Upaya Mewujudkan Keluarga Samara, Bekerja di Luar Negeri, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:19
Last Modified: 19 Apr 2022 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59856

Actions (login required)

View Item View Item