Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI ADVERSE EVENTS YANG TIMBUL KARENA PENGGUNAAN OBAT RANITIDINE MENGGUNAKAN METODE EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT)

Nailatul Fadhilah, - and Alwis Nazir, - and Teddie Darmizal, - and Elin Haerani, - and Fadhilah Syafria, - (2022) IDENTIFIKASI ADVERSE EVENTS YANG TIMBUL KARENA PENGGUNAAN OBAT RANITIDINE MENGGUNAKAN METODE EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT). IDENTIFIKASI ADVERSE EVENTS YANG TIMBUL KARENA PENGGUNAAN OBAT RANITIDINE MENGGUNAKAN METODE EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT), 1 (1).

[img]
Preview
Text
6. Paper - Nailatul Fadhilah (11751200121).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asam lambung atau yang sering disebutmaag merupakan penyakit yang paling sering terjadi disetiap kalangan”. Carayang biasanya digunakan untuk mengobatipenyakit maagyaitu dengan mengkonsumsi ranitidine. Ranitidinemerupakansalah satu jenis obat yang biasanyadigunakan untuk mengobati ataumencegah sakit maag, rasa panas diperut,dan sakit pada perut yang dikarenakan oleh tukak lambung.“Ranitidine untuk pertamakalidilegalkandi Indonesiapada tahun 1989”. Dalam menggunakan obat-obatan, tubuh dapat merespon dengan efek yang tidak diinginkan yang biasa disebut dengan adverse event.Ada beberapa adverse event yang berbahaya seperti kelumpuhan, perawatan intensif di rumah sakit, hingga kematian.Pada tahun 2019, FDA (Food and Drug Administration) mengumumkan bahwa obat ranitidineditarik karena kadar NDMA(N-nitrosodimethylamin)di dalam lebih tinggi dari batas asupan yang diterima. “Data mengenai adverse event dari ranitidine didapatkan dari semualaporandariRumah Sakit dan Dokter di Amerika Serikat yang berasal dari FDA (Food and Drug Administration) pada tahun 2016hingga 2020”. Data pada penelitian ini berjumlah 2089 data dengan 8 atribut.“Penelitian yang digunakan yaitu association rule dengan algoritma Equivalence Class Transformation (ECLAT)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasihubungan adverse event pada ranitidine. “Hasil penelitian didapatkan dari pengujianpersentase tertinggiyang memiliki nilaisupport 0.063, nilai confidence 0.82 dan Lift Ratio 1.16”.Kata Kunci: Adverse event,Eclat,Ranitidine

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:31
Last Modified: 19 Apr 2022 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59853

Actions (login required)

View Item View Item