Gusmiati (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KLEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIRAH NABAWI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di MA. Muhammadiyah Penyasawan?’ Penelitian ini merupakan. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan yang berjumlah 206 siswa. Karena besarnya populasi pada penelitian ini, maka penulis mengambil sampel adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang dan pengambilan sampel tersebut karena ada masalah tentang keaktifan belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dalam pelajaran sirah nabawi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan metode tanya jawab. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus produc moment, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa perbandingan to = 84.0 berarti lebih besar dari pada tt pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (0. 361 < 0.485>0.463). Maka diputuskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya, ada pengaruh positif metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 20:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 20:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5985 |
Actions (login required)
View Item |