Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANGPENINGKATAN PRODUKSI TANI DESA LUBUK BIGAU TAHUN 2020 BERDASARKAN PASAL 1 AYAT 12 UNDANG-UNDANG DESA NOMOR 6 TAHUN 2014 DITINJAU DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

WELNI ELIA FIFIN, - (2022) PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANGPENINGKATAN PRODUKSI TANI DESA LUBUK BIGAU TAHUN 2020 BERDASARKAN PASAL 1 AYAT 12 UNDANG-UNDANG DESA NOMOR 6 TAHUN 2014 DITINJAU DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Welni Elia Fifin, (2021) : Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Peningkatan Produksi Tani Desa Lubuk Bigau Tahun 2020 Berdasarkan Pasal 1 Ayat 12 Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Ditinjau Dalam Perspektif Fiqh Siyasah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi pasal 1 ayat 12 undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 mengenai pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani desa Lubuk Bigau tahun 2020. Permasalahan dalam skripsi ini adalah mengapa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat tidak melakukan pelatihan Life Skill terhadap petani desa Lubuk Bigau, bagaimana pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani Desa Lubuk Bigau berdasarkan pasal 1 ayat 12 undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani desa Lubuk Bigau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat tidak melakukan pelatihan Life Skill terhadap petani desa Lubuk Bigau, untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani Desa Lubuk Bigau berdasarkan pasal 1 ayat 12 undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani Desa Lubuk Bigau. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field reseach) yang langsung dilaksanakan di lapangan. Sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif. Populasi nya adalah 13 orang pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Lubuk Bigau, 1 orang Kepala Desa, 1 orang Sekretaris Desa, 2 orang Kasi, dan 2 orang Kaur Desa Lubuk Bigau dan 85 orang petani desa Lubuk Bigau sedangkan sampel nya adalah 2 orang pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, 1 orang Kepala Desa, 1 orang Sekretaris Desa, 1 orang Kasi, 2 orang Kaur, dan 2 orang petani yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya penambahan pengetahuan yang di lakukan LPM kepada masyarakat desa Lubuk Bigau dalam bidang peningkatan produksi tani disebabkab karena program kerja LPM dan Pemerintah desa pada tahun 2020 mengenai jangka panjang seperti kopi hanya terfokus bagaimana penanamannya dan kenapa tidak dilakukan penyuluhan tentang cara penanaman karena itu masyarakat sudah tidak awam lagi mengenai hal itu. Pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani Desa Lubuk Bigau berdasarkan pasal 1 ayat 12 undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 bahwa kegiatan yang dilakukan oleh LPM telah sesuai malaupun dalam pelaksanaannya belum maksimal dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tinjauan fiqh siyasah terhadap pemberdayaan masyarakat bidang peningkatan produksi tani desa Lubuk Bigau bahwa program yang sudah terlaksana oleh LPM tahun 2020 sudah memberikan kemaslahatan kepada masyarakat yang mana program tersebut juga berdasarkan aspirasi dan keinginan masyarakat. Namun perlu ada juga perbaikan dalam kekurangan-kerungan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:53
Last Modified: 11 Apr 2022 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59733

Actions (login required)

View Item View Item