HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS GURU MENGIKUTI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Erhan, (2014) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS GURU MENGIKUTI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mengajar merupakan suatu hal yang adapat dipelajari dan diterapkan oleh semua guru, melalui MGMP ini diharapkan semua kesulitan dan permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran dapat dipecahkan, dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah melalui peningkatan kemampuan mengajar guru ( kemampuan professional). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Aktivitas guru SMPN 04 Kampar dalam mengikuti MGMP 2. Kemampuan mengajar guru di SMPN 04 Kampar 3. Hubungan antara aktivitas guru mengikuti MGMP dengan kemampuan mengajar guru di SMPN 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk mengetahui tujuan 1 dan 2 dianalisis secara deskriptif persentase, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas guru mengikuti MGMP dengan kemampaun mengajar guru dianalisis secara statistic dengan teknik Korelasi Serial. Setelah data diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: 1. Keaktifan guru dalam mengikuti MGMP di SMPN 04 Kampar tergolong “ cukup Aktif “, hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil angket berjumalah 11 orang (55%) yang tergolong cukup aktif. 2. Kemampuan mengajar guru di SMPN 04 Kampar setelah mengikuti MGMP berada pada kategori baik. Hal ini dapat dlihat dari hasil observasi yang rata-rata nilainya 4.61. 3. Adanya korelasi yang positif antara aktivitas guru mengikuti MGMNP dengan Kemampuan mengajar guru di SMPN 04 Kampar, hal ini adapat dilihat dari angka Korelai Serial sebesar 0.70. angka ini jauh lebih besar dari “r” table apada taraf signifikan 5% yaitu 0.444.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:40
Last Modified: 30 Jul 2016 19:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item