Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA MASA COVID-19 DI DESA MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

RAHMI YULIS, - (2022) PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA MASA COVID-19 DI DESA MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PEMEBRIAN BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA MASA COVID-19 DI DESA MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR Oleh: Rahmi Yulis Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengawasan Dinas Sosial dalam pelaksanaan pemberian bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) pada masa covid-19 di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, dan untuk mengetahui Faktor penghambat dalam pengawasan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik variabel satu dengan varibel yang lain. Data yang diperoleh dari penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini mengunakan peraturan Menteri Sosial No 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan sebagai acuan penelitian. Pelaksanaan program ini harus sesuai yang telah ditetapkan program. Hasil penelitian dilapangan dan kemudian dianalisa dapat disimpulkan bahwa Pengawasan Dinas Sosial dalam pelaksanaan pemberian bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) belum bisa dikatakan optimal sepenuhnya. Karena yang pertama, Kurangnya pemahaman penerima PKH dan masyarakat terkait proses pendataan. Yang kedua ketidakjujuran penerima PKH saat pendamping melakukan verifikasi pendataan dilapangan sehingga menyebabkan tidak tepat sasaran. Yang ketiga, kurangnya pendampingan untuk Keluarga Penerima Manfaat saat pencairan dana. Yang keempat, kurangnya bimbingan untuk pendamping sehingga pendamping tidak optimal melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan terdapat faktor penghambat dalam pengawasan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu pertama, Pendamping tidak melibatkan masyarakat umum dalam sosialisasi Program Keluarga Harapan. Yang kedua, keterbatasan Sumber Daya Pendamping, kurangnya ketersediaan sarana pendukung pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam hal pencairan bantuan dana. Yang ketiga, ketidakjujuran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sehingga menyulitkan pendamping saat verifikasi data. Yang keempat, Terjadinya ketrlambatam dalam pencairan yang disebabkan karena saldo Keluarga Penerima Manfaat nihil dan juga dikarenakan jaringan Kata Kunci : Pengawasan, Program Keluarga Harapan (PKH)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:21
Last Modified: 08 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59708

Actions (login required)

View Item View Item