KOSTUMISASI UBUNTU 9.10 UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS OPEN SOURCE (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika UIN SUSKA)

Didi Suryadi, (2010) KOSTUMISASI UBUNTU 9.10 UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS OPEN SOURCE (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika UIN SUSKA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201165-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kostumisasi merupakan salah satu teknik untuk mengembangkan sistem operasi open source menjadi sistem yang dapat menggabungkan berbagai aplikasi untuk tujuan tertentu. Kostumisasi memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan sistem secara langsung. Dalam tugas akhir ini, dilakukan penelitian pengembangan sistem operasi berisi paket bahasa pemrograman dengan cara kostumisasi, yang bersifat open source. Pengembangan ini untuk mengatasi permasalahan pada mahasiswa yang masih sulit menemukan paket aplikasi dan instalasi untuk bahasa pemrograman pada sistem operasi open source, sehingga terdapat satu sistem operasi yang memudahkan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah pemrograman. Pengembangan dilakukan dengan tekhnik remastering. Sistem operasi yang dihasilkan berisikan sejumlah aplikasi pemrograman dan aplikasi pendukung pemrograman lainnya. Penelitian ini dilakukan terhadap sistem operasi linux yaitu ubuntu 9.10. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem operasi ubuntu pemrograman yang dapat dipergunakan langsung aplikasinya, sehingga dapat dijadikan acuan dalam mempelajari aplikasi pemrograman open source di lingkungan Jurusan teknik Informatika UIN SUSKA. Kata Kunci : Kostumisasi, Linux, Open Source, Remastering, Sistem Operasi, Ubuntu 9.10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:53
Last Modified: 11 Jan 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item