PENGARUH PENERAPAN TEKNIK NOMINAL GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Amelia, (2014) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK NOMINAL GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah dan pasifnya siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemahaman konsep yang baik sangatlah penting sebab kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu aspek dalam penilaian hasil belajar matematika. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Teknik Nominal Group Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapatperbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan teknik Nominal Group dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional? dan Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan teknik Nominal Group dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana penelitian ini merupakan penelitian Quasi–Eksperimendandesain yang digunakanadalahNonequivalent Control Group Design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Kampar. dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan penerapan teknik Nominal Group . Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes yang memuat indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan teknik Nominal Group diperoleh nilai to =3,5526 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) pada taraf signifikan 5% (2.02<3,5526) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara teknik Nominal Group terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:23
Last Modified: 30 Jul 2016 19:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5966

Actions (login required)

View Item View Item