Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ETIKA PELAYANAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA SWALAYAN INDO PN KECAMATAN TEBING KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

NUR AKMALIA, - (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ETIKA PELAYANAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA SWALAYAN INDO PN KECAMATAN TEBING KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AKMALIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Akmalia (2022): “Persepsi Masyarakat Terhadap Etika Pelayanan Perspektif Ekonomi Islam Pada Swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau”. Penelitian ini berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Etika Pelayanan Perspektif Ekonomi Islam Pada Swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Swalayan ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan barang sehari hari dan peralatan rumah tangga lainnya. Dalam suatu perusahaan konsumen merupakan suatu bagian yang terpenting karena itu wajib bagi karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Pelayanan merupakan kunci utama tercapainya suatu target karena dengan pelayanan yang baik dan menyenangkan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi konsumen. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah ingin mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap etika pelayanan perspektif Islam pada swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap etika pelayanan pada swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Skripsi ini adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini bertempat di Swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Dalam penulisan ini yang menjadi populasi adalah kepala office, karyawan dan pelanggan kartu member. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala office, karyawan dan 81 orang pelanggan kartu member. Pemilihan sampel berdasarkan Tekhnik Accidental Sampling. Dengan menggunakan rumus Hair. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dukumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden melalui angket dan wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan ataupun buku-buku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa data deskritif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa etika pelayanan perspektif ekonomi Islam terdiri dari Kejujuran, Keadilan, Bersikap melayanai dan rendah hati, Berprilaku baik dan simpatik, Memiliki kepribadian spiritual, Menepati janji dan tidak curang, Tidak berburuk sangka, Tidak menjelek-jelekan, Tidak melakukan risywah. Dalam penerapannya karyawan tidak melaksanakan etika keadilan sesuai perspektif ekonomi Islam dengan baik. Tinjauan ekonomi syariah terhadap etika pelayanan pada swalayan Indo PN Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau sebagian telah diterapkan sesuai dengan syariah Islam dan ada yang belum yaitu etika keadilan dalam memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:12
Last Modified: 30 Mar 2022 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59644

Actions (login required)

View Item View Item