PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING CYCLE TERHADAH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 18 PEKANBARU

Sri Siska D, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING CYCLE TERHADAH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 18 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 18 Pekanbaru yang belajar dengan menggunakan strategi Learning Cycle dan Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 266 siswa yang terdiri dari Tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VIII SMP Negari 18 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan Penerapan Strategi Learning Cycle sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi Learning Cycle dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 18 Pekanbaru yang belajar dengan menggunakan strategi Learning Cycle dan konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 4,94 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:17
Last Modified: 30 Jul 2016 19:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item