PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE POINT-COUNTERPOINT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 PEKANBARU

Erfiza Nugraha Putri, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE POINT-COUNTERPOINT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui metode diskusi tipe point-counterpoint dengan pendekatan keterampilan proses dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika melalui metode diskusi tipe point-counterpoint menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, dan design yang digunakan adalah The Nonequeivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014sebanyak714siswa.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.4 dan VIII.6, dimana VIII.4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe point-counterpoint dengan pendekatan keterampilan proses dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan lima kali pertemuan menerapkanstrategi pembelajaran aktif tipe point-counterpoint dengan pendekatan keterampilan proses dan satu pertemuan lagi dilaksanakan post-test. Untuk melihathasil penelitian mengenai kemampuan komunikasi matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung 4,67 dan nilai ttabel adalah 1,99. Oleh karena itu thitung> ttabel karena 4,67 > 1,99, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwaterdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar denga menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe point-counterpoint dengan pendekatan keterampilan proses dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe point-counterpoint dengan pendekatan keterampilan proses memberikan pegaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:14
Last Modified: 30 Jul 2016 19:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item