Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH TERINTEGRASI ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BATAM

Zulkifli Ahmad, ZA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH TERINTEGRASI ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BATAM. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB 1_2_3_5.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zulkifli Ahmad (2021) : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH TERINTEGRASI ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BATAM. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul sejarah terintegrasi Islam yang berkualitas serta layak digunakan di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yakni 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Membuat Perencanaan (desain) Produk; 3) Mengembangkan Produk 4) Melakukan Uji Coba Awal, Revisi Produk dari Hasil Uji Coba Awal, Uji Coba Lapangan Utama 5) Melakukan Evaluasi dan Revisi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purvosive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, validasi, angket, dokumentasi, tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan telah melewati beberapakali uji coba di sekolah yang berbeda. Pada uji coba terbatas dilakukan pada sekolah SMAN 1 Batam Kelas XI TP.2021/2022 dengan jumlah subjek 27 orang. Uji coba lapangan utama dilakukan di tiga sekolah yakni SMAN 1 Batam, SMAN 22 Batam, SMAN 24 Batam kelas XI TP. 2021/2022 dengan jumlah subjek 87 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid berdasarkan kriteria kevalidan menurut penilaian validator Ahli Materi, Ahli Pendidikan Agama Islam, Ahli Bahasa, Ahli Media dan Guru. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat baik. Modul yang telah dihasilkan memenuhi kategori sangat efektif baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotorik maupun dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam siswa dan sangat praktis dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, sangat praktis dari penilaian guru dan praktis dari penilaian siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Modul Sejarah Terintegrasi Islam Untuk Kelas XI SMA memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas sehingga sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran Sejarah, Terintegrasi Islam.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:28
Last Modified: 30 Mar 2022 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59622

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item