PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs NEGERI NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Zulfah, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs NEGERI NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Naumbai tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 186 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang pengambilannya menggunakan Random Sampling. Dalam hal ini, kelas VIII B dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretes, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dan satu pertemuan dilaksanakan untuk mengadakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji F untuk melihat homogenitas data, dan rumus tes-t untuk melakukan uji hipotesis. Hasil dari perhitungan tes-t diperoleh = 3,9 dan =2,02. Berdasarkan kaidah keputusan, H0 ditolak jika > . Dari kaidah keputusan maka diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Artinya dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:09
Last Modified: 30 Jul 2016 19:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item