PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 4 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Edi Wiro, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 4 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang”? Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang sebanyak 324 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 19:02
Last Modified: 30 Jul 2016 19:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item