PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI IKASARI PEKANBARU

Isnainy, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru sebanyak 80 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematika siswa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation dan satu pertemuan dilaksanakan membahas soal-soal yang dianggap belum mengerti dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 18:27
Last Modified: 30 Jul 2016 18:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item