Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

PINTA GEBENA, - (2021) PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
TESIS BAB IV SAJA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pinta Gabena, (2021): Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu (2) Apa faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu sudah berjalan dengan baik meskipun pada tataran pelaksanaan belum sepenuhnya terlaksana karena semuanya merupakan proses yang mana harus berjalan dari awal. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan pelatihan maupun yang diadakan oleh pemerintah, sekolah serta Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI), sangat membantu guru dalam pengimplementasinnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. (2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu telah berjalan dengan baik. Hal tersebut bisa dilihat dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran yang telah sesuai dengan kaidah- kaidah pelaksanaan Kurikulum 2013. Meskipun dalam hal evaluasi masih perlu adanya penyempurnaan. Hal ini dikarenakan Kurikulum 2013 yang baru berjalan beberapa bulan, sehingga masih ada beberapa hal yang masih perlu disempurnakan. Namun demikian, secara garis besar pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu telah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:11
Last Modified: 11 Mar 2022 01:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59426

Actions (login required)

View Item View Item