Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Dalam Perspektif Fiqh Siyasah”

YELVI MAIRIYENI, - (2022) Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Dalam Perspektif Fiqh Siyasah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi Ini Adalah: “Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Dalam Perspektif Fiqh Siyasah” Penelitian Skripsi ini di Latar belakangi dalam penelitian ini yakni Virus Corona adalah bagian dari keluarga virus yang menyebabkan penyakit pada hewan ataupun pada manusia. Di indonesia, masih melawan virus Corona hingga saat ini, begitupun juga di negara-negara lain. Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan demi melawan COVID-19. Kepala Desa merupakan pimpinan penyelenggaraan Desa berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Jadi, Kepala Desa sebagai Kepala Desaan bertanggung jawab atas terselenggaranya desa karena kepala desa yang memegang peran yaitu sebagai wakil rakyat yang terpilih dan dipilih secara langsung oleh masyarakat desa. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni Bagaimana peran kepala desa dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19, Apa faktor yang mempengaruhi peran kepala desa dalam meningkatkan kesadaran msyarakat dalam pencegahan Covid-19, dan Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran kepala desa dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) yang berlokasi di Desa Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Adapun metode–metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data Primer yang dihimpun dari desa Koto Baru sedangankan data sekundernya dari data-data yang penulis dapatkan dari referensi buku-buku pustaka, dan bahan bacaan lainya yang berkaitan dengan penelitian ini, teknik analisis yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: pertama Kepala Desa telah memberikan informasi dan penyuluhan kepada masyarakat dalam pencegahan Covid-19. Kedua Kepala Desa di bantu oleh Tenaga Kesehatan, Pak Camat, Satgas Covid-19, Lintas Sektor dan Relawan-relawan sebagai pendukung dalam memberikan informasi dan penyuluhan untuk pencegahan Covid-19 ini, dan semua itu juga tak luput dari masyarakat, hendaknya masyarakat juga ikut serta membantu Kepala Desa dalam mewujudkan pencegahan Covid-19 ini agar tidak banyak yang terkena Covid-19 itu nantinya. Kata kunci : Peran Kepala Desa, Pencegahan Covid-19, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Mar 2022 00:56
Last Modified: 11 Mar 2022 00:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59425

Actions (login required)

View Item View Item