Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN DI PEKANBARU

DWI MAULINA, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI MAULINA.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Maulina, (2022): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMPN 16 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian factorial eksperimental dengan menggunakan the nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir kreatif, dan observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar matematis tinggi, sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dan kemandirian belajar matematis siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kualitas kemampuan siswa, khususnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:10
Last Modified: 09 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59421

Actions (login required)

View Item View Item