Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF PADA MITRA PELAYANAN ZAKAT (MPZ) MASJID NURUL IMAN KECAMATAN BUKIT BARISAN KOTA PEKAN BARU

ELVINA, - (2022) SISTEM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF PADA MITRA PELAYANAN ZAKAT (MPZ) MASJID NURUL IMAN KECAMATAN BUKIT BARISAN KOTA PEKAN BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Mitra Pelayanan Zakat (MPZ) Masjid Nurul Iman Kecamatan Bukit Barisan Kota Pekanbaru. Program zakat produktif tradisional berupa bantuan usaha yang diperuntukkan untuk mustahik dengan cara memberikan bantuan modal usaha berupa pemberian kambing untuk dikembangbiakkan, juga alat alat dan bahan bahan produktif. Penelitian ini membahas mengenai Sistem Pendistribusian Zakat produktif pada Mitra Pelayanan Zakat (MPZ) Masjid Nurul Iman Kecamatan bukit Barisan Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data mencangkup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah enam orang. Berdasarkan data-data yang disajikan pada laporan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sistem pendistribusian zakat produktif yaitu Pendistribusian zakat produktif tradisional.Dana program zakat produktif berasal dari zakat Mal. Pendistribusian zakat produktif tradisional diberikan kepada mustahik tanpa adanya pengembalian modal usaha. Zakat produktif tradisional yang direalisasikan dalam bentuk modal usaha. Faktor penghambat sistem pendistribusian zakat produktif pada MPZ Masjid Nurul Iman yaitu adanya keterbatasan personal yang dimiliki sehingga perencanaan program masih belum jelas, tidak adanya pendampingan untuk mustahik, baik pembinaan maupun pengawasan sedangkan faktor pendukung sistem pendistribusian zakat produktif MPZ masjid nurul iman yaitu faktor adanya semangat yang tinggi dalam membantu mustahik, serta masih adanya masyarakat yang miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:14
Last Modified: 07 Mar 2022 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59410

Actions (login required)

View Item View Item