Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK JURNALISME DAMAI PEMBERITAAN KASUS HABIB RIZIEQ PADA PORTAL BERITA SINDONEWS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID

Devi Hildani, Devi (2022) PRAKTIK JURNALISME DAMAI PEMBERITAAN KASUS HABIB RIZIEQ PADA PORTAL BERITA SINDONEWS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Konflik merupakan salah satu nilai berita bagi wartawan. Pemberitaan konflik dapat meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membaca berita. Dalam peristiwa konflik media bisa memilih untuk menjadi juru damai terhadap suatu konflik atau malah memperkeruh konflik yang terjadi. Maka dari itu Jurnalisme Damai sangat diperlukan dengan tujuan sebagai jembatan bagi pihak yang terlibat dalam konflik agar masalah dapat terselesaikan dengan damai. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Sindonews.com dan Republika.co.id dalam mempraktikkan Jurnalisme Damai dalam pemberitaan kasus Habib Rizieq Shihab tentang kerumunan massa di Petamburan pada periode 10, 12, 13, dan 14 Desember 2020. Tujuan penelitian ini untuk melihat Apakah Sindonews.com dan Republika.co.id dapat menerapkan pemberitaan dari segi Jurnalisme Damai dalam kasus Habib Rizieq Shihab. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Analisis model Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis sembilan berita dari masing-masing portal berita tersebut menunjukkan bahwa Sindonews.com menggunakan diksi-diksi yang bersifat emotif dalam penulisan judul berita tentang kasus kerumunan yang menimpa Habib Rizieq Shihab dan cenderung sedikit menampilkan berita yang berorientasi perdamaian pada prinsip-prinsip Jurnalisme Damai. Namun lain hal nya dengan Republika.co.id yang selalu berusaha menampilkan orientasi perdamaian pada setiap berita yang diterbitkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki, Junalisme Damai, Habib Rizieq, Sindonews.com, Republika.co.id
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem > 070 Jurnalisme, Surat Kabar > 070.4 Jurnalisme, Jurnalistik, Pers
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Mar 2022 13:59
Last Modified: 03 Mar 2022 13:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59406

Actions (login required)

View Item View Item