Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA KHUSNUL KHOTIMAH PEKANBARU

Wiko Tri Widodo, Wiko (2022) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA KHUSNUL KHOTIMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Lansia merupakan kelompok yang sangat rentan mengalami depresi. Depresi pada lansia disebabkan oleh kurangnya kemampuan beradaptasi terhadap perubahan pada diri akibat kemunduran fisik, mental dan sosial yang dialami. Kondisi fisik dan psikis yang menurun membuat lansia terpaksa mengurangi aktivitas sehari-hari sehingga mengalami penurunan dalam interaksi sosial. Interaksi sosial yang baik merupakan suatu hal yang penting bagi lansia karena interaksi sosial memberikan dampak terhadap kondisi psikologis lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan antara interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru. Sampel penelitian adalah lansia sebanyak 47 lansia. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala Geriatric Depression Scale (GDS) dengan koefisien reliabilitas 0,714 dan skala interaksi sosial dengan koefisien reliabilitas 0,926. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS 25.00 for windows. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru dengan r = -0,893 dan signifikansi p = 0,000 (sig<0,05). Dengan demikian, hipotesis diterima, yang mana semakin baik interaksi sosial maka akan semakin rendah tingkat depresi pada lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Depresi, Lansia
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:32
Last Modified: 25 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59389

Actions (login required)

View Item View Item