Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI NILAI EISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

NURUL FAJRIAH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI NILAI EISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FAJRIAH.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Fajriah, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Saintifik terintegrasi keislaman yang memenuhi kriteria valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari kalangan dosen dan guru matematika, serta siswa kelas VII SMPN Satu Atap Bekawan Luar. Objek dari penelitian ini berupa LKS berbasis pendekatan Saintifik terintegrasi keislaman. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan dari uji validitas, LKS berbasis pendekatan Saintifik terintegrasi keislaman dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,38%, sedangkan dari hasil uji praktikalitas oleh kelompok kecil dengan jumlah responden 6 orang siswa, LKS berbasis pendekatan Saintifik terintegrasi keislaman dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,82%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Saintifik terintegrasi keislaman pada materi Aritmatika sosial yang dikembangkan telah valid dan prkatis, dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, LKS, Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman, Koneksi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:16
Last Modified: 25 Feb 2022 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59387

Actions (login required)

View Item View Item